Monday, May 25, 2015

Serunya camping di pulau sempu malang


Halo sobat traveler, sudah pernah dengar pulau sempu? atau yang biasa dikenal dengan pantai segara anakan, atau sobat sudah pernah berkunjung ke sana? jika belum pernah ke pulau sempu, segeralah kemas tas kalian dan berangkat!

Pulau sempu adalah pulau yang terdapat di kota malang selatan, tepatnya berada di desa Tambakrejo kecamatan Sumbermanjing. Pulau sempu ini adalah cagar alam indonesia, jadi bukan tempat wisata sembarangan yang bisa dikunjungi dan dikotori.

Untuk berkunjung ke pulau sempu sobat traveler harus naik perahu dulu dari pantai sendang biru, pantai sendang biru sendiri pun juga udah banyak pengunjungnya broo... hehe. Pantai sendang biru ini adalah tempat pelelangan ikan, jadi kalau sobat ingin menikmati camping di pulau sempu sobat bisa membawa ikan untuk dibakar di malam hari, gak kebayang deh gimana asyiknya bercengkrama malam hari dengan teman-teman sambil bakar ikan.

Perjalanan menuju pulau sempu jika dari surabaya sobat bisa menggunakan banyak transportasi darat, ada kereta, bus kota, sewa mobil, atau jika ingin rame-rame sobat bisa naik motor. Jarak tempuh dari kota Surabaya - Sempu sendiri -+156km dengan waktu tempuh sekitar 4jam. Setelah sampai di pantai sendang biru, sobat traveler mesti bayar tiket masuk dulu sebesar Rp 11.000/orang, untuk tiket masuk motor menginap Rp 10.000, Selanjutnya sobat harus izin dulu ke balai kantornya karena Sempu bukan tempat wisata umum, untuk mengurus perizinan biayanya adalah Rp 50.000/kelompok. Sobat traveler juga diwajibkan untuk menggunakan jasa guide, karena tahun 2013 sempat ada pengunjung yang tersesat di pulau sempu, seru kan bro!!! hahaha, jadi sobat jangan sampai tersesat ya... Biaya untuk guide sendiri adalah Rp 100.000/kelompok, dan terakhir adalah biaya menyewa perahu untuk menyeberang ke pulau sempu pulang-pergi Rp 130.000/kelompok (jangan lupa catat nomer HP nelayannya ya bro!).



Dari pulau sempu selanjutnya sobat traveler harus jalan kaki (trekking) dengan waktu tempuh sekitar 2jam. Tenang, medannya gak terlalu sulit kayak naik gunung kok... Santai dan nikmati rame-rame dengan teman-teman, ntar juga gak terasa sampai. 

Akhirnya sampai juga deh di tempat yang dituju yaitu Segara Anakan, rasa capek, keringat, lelah, saya jamin hilang dalam sekejap. Sobat akan terpesona dengan indahnya Segara Anakan. Kini saatnya bermain-main di air dan mengabadikan foto-foto. Lupakan sejenak rutinitas keseharian sobat, yang biasanya membuat jenuh kini kita refresh dulu, hehehe...


Nah, rasanya kurang seru jika sobat traveler berkunjung pulang-pergi tanpa tinggal 1 malam di sini, ya walaupun kita bisa langsung tanpa bermalam. Untuk bermalam di Segara Anakan sobat harus membawa perlengkapan yang cukup, bekal makanan, peralatan masak, tenda, obat-obatan, dan yang terpenting adalah Air Mineral (Tawar), karena di sini sobat gak akan nemuin sumber air tawar, masak iya kita minum air laut, hahahaha... Jadi bawalah air mineral secukupnya. 


Oke, sekian cerita perjalanan Trip Jatim kali ini di Pulau Sempu yang menawan, pesan untuk sobat traveler jaga alam kita Indonesia, bawa kembali sampah-sampah, dan jaga kondisi agar tetap fit untuk bisa terus berkelana di Indonesia -salam lestari-
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Mantab. Menarik. Pantai sendang biru dengan pulau sempunya yang indah nan menawan. Salam kenal dari Rental Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 082141 555 123

    ReplyDelete